Pages

Sabtu, 16 April 2011

Gender Bukan Kodrat, Kodrat Bukan Gender



Posting ini gue buat karena terinspirasi oleh bibik parkir di pasar kuto. Yups..hal ini memang bukan merupakan fenomena yg aneh lagi, karena sudah banyak tukang parkir perempuan saat ini.
Saya tidak akan membahas soal tukang parkir perempuan. Yang saya mau bahas adalah perbedaan antara gender dan kodrat.
Pertama kita bahas gender, gender bisa disetarakan antara perempuan dan laki-laki.
Seperti supir bus, dulu itu merupakan pekerjaan seorang laki-laki, tapi sekarang sudah banyak supir bus perempuan. Seperti supir Trans Jakarta banyak supir perempuan. Hal ini membuktikan bahwa sebuah pekerjaan yang mengaitkan gender, itu bisa dikerjakan oleh gender apapun.
Fenomena ini mungkin berkaitan dengan Teori Evolusi Darwin, dimana mahluk hidup akan berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Sekarang mencari sebuah pekerjaan sangatlah susah, seorang istri merasa penghasilan dari suaminya sangatlah kurang, iya mau tidak mau harus bekerja untuk menutupi kekurangan dari biaya hidup mereka, semua pekerjaan akan dilakukannya demi mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Sekarang mari mulai membahas kodrat.
Kodrat tidak bisa disetarakan karena merupakan ketetapan dari Tuhan. Kodrat manusia ada 2 yaitu laki-laki dan perempuan, tapi ada juga sih kodrat abal-abal...Hahahah...
Kodrat seorang laki-laki adalah menjadi kepala keluarga, mencari nafkah, dst.
Kodrat seorang perempuan adalah mengurus rumah tangga, melahirkan, dst.
Kodrat keduanya tidak bisa saling tertukar, seorang laki-laki tidak mungkin meahirkan, begitu juga perempuan tidak bisa menjadi kepala keluarga.

Jangan pernah anda sepelekan kemampuan Tuhan
untuk menjadikan keajaiban sebagai bagian dari keseharian anda

5 komentar:

gloriaputri mengatakan...

wah...kurang dalem bahasannya kak...bs lbh panjang lebar nih klo aq jg tulis hal serupa :) jadi inget tukang parkir di depan kantor ku....

kicky mengatakan...

maklum glo newbie, hehehe
sebenernya pengen lbh dalam lg sih, tp susah mw nentuin kata2 nya, klo d ngomong langsung mungkin bisa jd 2 sesi kuliah,
hahaha....
emg tukang parkir dpan kantor mu cew y glo

Eel Eliyanto Kaudan mengatakan...

Gender...Dan Profesi....
Tapi Yang Menarik bahwa Profesi yg biasa nya di Tekuni Wanita juga banyak yg di tekuni oleh pria..nah ini tidak anda cantum kan dalam postingan anda, contoh Seorang Pria yang bekerja sebagi Chef atau tukang masak yg biasa nya di geluti oleh Wanita, sementara begitu juga sebalik nya, Nah bukan kah jika wanita banyak yg mengerjakan pekerjaan yg seharus nya di kerjakan oleh seorang pria, juga mempengaruhi Seseorang pria utk mencari pekerjaan yg harus ia kerjakan sebagai kodrat seorang lelaki?? dimana ia ingin bekerja, tapi pekerjaan tsbt keburu di kerjaan oleh seorang yg berkodrat wanita.

gloriaputri mengatakan...

iya...tukang parkirnya ibu2 uda keriput jelek bgt...kasian

Unknown mengatakan...

ada kata2 yang salah,,Kodrat seorang perempuan adalah mengurus rumah tangga..itu termasuk gender... laki2 pun bisa mengurus rumah tangga !!!

Posting Komentar