Pages

Jumat, 15 Oktober 2010

STOP MEMBUANG SAMPAH PLASTIK KE LAUT

Sabtu tanggal 16 Oktober 2010 pukul 2.30 wib saya menonton Eartfromabove di metro tv. Waw..... saya menonton episode bahaya dari sampah plastik yang ada di lautan. Anda pasti tidak akan menyangka bahwa kantong asoy yang anda buang bisa membunuh seekor lumba-lumba. Tapi begitulah kenyataannya. Kantong asoy yang berada dilaut menyangkut di sirip atau saluran pernapasan mereka, itu akan mengganggu pernapasan mereka yang bisa berakibat kematian kepada mereka. Itu baru satu dari sekian banyak akibat sampah plastik. Banyak burung-burung yang memakan makanan yang berasal dari laut, tapi apakah anda berpikir bahwa burung tidak bisa membedakan antara sesuatu yang bisa dimakan dan yang tidak bisa dimakan. Burung sering kali memakan sampah plastik yang berada dilautan. Hal itu dapat berakibat pada kerusakan sistem pencernaan mereka yang bisa membuat mereka mati. Para anak burung sangat bergantung pada induknya dalam makan, para induk yang tidak bisa membedakan antara sesuatu yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan, membuat para anak burung menjadi korban plastik juga, karena anak burung tadi memakan sampah plastik tadi.
Anda mungkin tertawa dengan kebodohan induk burung tadi yang secara tak sadar membunuh anak nya sendiri.
Tapi sadarkah anda bahwa semua yang terjadi ini adalah kebodohan dan keegoisan kita sebagai mahluk yang merasa dirinya sebagai mahluk paling maju di muka bumi ini. Kita yang membuang sampah-sampah itu ke laut, sungai, dsb. Kita yang telah merusak ekosistem, kita yang telah mejadi pembunuh bintang di air.
Maka dari itu berhentilah membuang sampah ke laut atau sungai jika kalian tidak ingin menjadi pembunuh terus-menerus.....
Pikirkan cara yang lebih bijak dalam pemakaian plastik, karena plastik merupakan unsur yang sangat sulit daur ulang. Kalau memang kita mahluk yang paling maju di bumi ini, mari sayangi dan jagalah bumi beserta isi nya, jalin silaturahmi yang baik, jangan merasa egois karena kita tidak bisa hidup tanpa alam dan isinya.

2 komentar:

deli.cious mengatakan...

kiii.. ga nyangka blog nya sekeren ini :)
design nya oke, tulisannya oke!
keep posting ya ki, semoga suatu saat nanti aku bisa punya blog bagus kayak begini, amin... !!!

kicky mengatakan...

tengkyu dila,
amin...ditunggu postingannya dila

Posting Komentar